Deskripsi Pemahaman Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Karakteristik Taksonomi Solo

Authors

  • Firda Alfiana Patricia Universitas Insan Budi Utomo
  • Asri Putri Anugraini Universitas Insan Budi Utomo

Keywords:

himpunan, pemahaman matematis, soal cerita, taksonomi solo

Abstract

Pemahaman matematis merupakan kunci fundamental dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang efektif. Pemahaman matematis memiliki kaitan yang erat dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Dalam menyelesaikan soal cerita, pemahaman matematis memungkinkan individu Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjabarkan pemahaman matematis mahasiswa berdasarkan taksonomi SOLO ketika menyelesaikan soal cerita tentang himpunan dalam penugasan individu pada mata kuliah Logika dan Himpunan sehingga penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan kategori tinggi berada pada indikator taksonomi SOLO level rational, makasiswa dengan kategori sedang berada pada indikator taksonomi SOLO level multistruktural, dan mahasiswa dengan kategori rendah berada pada indikator taksonomi SOLO level prastructural

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Patricia, F. A., & Anugraini, A. P. (2024). Deskripsi Pemahaman Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan Berdasarkan Karakteristik Taksonomi Solo. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 142–149. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1079