Praktikalitas LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Rini Hardiyanti Ali Institut Az-zuhra
  • Sahrul Sahrul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa berupa LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi bangun ruang siis datar, penelitan ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) .Penelitian ini dilakukan dilakukan di MTs Darel Fathrizk Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, serta siswa kelas VIII MTs Darel Fathrizk Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKPD berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 86.00%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKPD berbasis pendekatan PBL dinyatakan kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 86,07%.

 

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Hardiyanti Ali, R., & Sahrul, S. (2024). Praktikalitas LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 150–162. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1078