Keefektifan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD

Authors

  • Erinda Tri Setyani Semarang
  • Arfilia Wijayanti
  • Paryati Paryati

Abstract

Hasil belajar kognitif mata pelajaran Matematika siswa Kelas IV SDN Pandeanlamper 01 Semarang cenderung rendah dikarenakan guru menggunakan pembelajaran yang konvensional dan belum memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar kognitif mata pelajaran Matematika siswa Kelas IV SDN Pandeanlamper 01 Semarang dengan menggunakan media canva bisa memenuhi KKM atau tidak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji normalitas, uji ngain skor serta uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan media canva menyebabkan hasil belajar Matematika siswa Kelas IV SDN Pandeanlamper 01 menjadi lebih baik. Hal ini terlihat jelas antara nilai mean pre-test sebesar 68 dengan nilai mean post-test sebesar 83. Uji ngain skor sebesar 0,3≤0,4933≤0,7 yang artinya tingkat efektivitasnya sedang. Sedangkan ngian persen nilai mean yang diperoleh sebesar 49,3301. Berdasarkan tafsiran efektifitas bahwa nilai 40-55 yang artinya cukup efektif atau bisa diartikan penggunaan suatu metode atau treatment cukup efektif. Uji-t menunjukkan nilai thitung = 12,514 lebih tinggi dari pada nilai ttabel = 2,042 bisa diartikan bahwa data tersebut ada perbedaan yang signifikan antara keefektifan media pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media canva.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Tri Setyani, E., Wijayanti, A., & Paryati, P. (2024). Keefektifan Media Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 163–170. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1075