PENILAIAN STATUS GIZI ANAK USIA 9-10 TAHUN STUDI PADA SISWA KELAS III D MIN I BOJONEGORO
Keywords:
Status gizi, Siswa, Indeks Massa Tubuh, Nutritional status, Student, Body Mass IndexAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian status gizi siswa di awal semester sebelum mengikuti program pembelajaran. Data yang didapatkan akan menjadi catatan wali kelas dan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk melakukan evaluasi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian action research. Populasi dari penelitian ini adalah para siswa kelas III D MIN I Bojonegoro. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan 4 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan memiliki Indeks Massa Tubuh obesitas, 2 siswa perempuan memiliki Indeks Massa Tubuh sangat kurus, 6 siswa laki-laki ideal dan 10 siswa perempuan memiliki Indeks Massa Tubuh ideal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa masih didapatkan siswa yang memiliki gizi berlebih dan gizi kurang. Sehingga diperlukan koordinasi antara wali kelas dan guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk melakukan tes dan pengukuran status gizi dan melakukan evaluasi sebagai salah satu rancangan tujuan pembelajaran.
The purpose of this study is to assess the nutritional status of students at the beginning of the semester before joining the learning program. The data obtained will be a record of the homeroom teacher and sports and health physical education teacher to conduct the evaluation. This research is included in the type of action research. The population of this study is the students of class III D MIN I Bojonegoro. From the results of the research, 4 male students and 4 female students have an obese body mass index, 2 female students have a very thin body mass index, 6 ideal male students and 10 female students have an ideal body mass index. Based on the results of research that has been done it can be concluded that there are still students who have excess nutrition and under nutrition. So that coordination is needed between the homeroom teacher and sports and health physical education teachers to carry out tests and measurements of nutritional status and conduct evaluations as one of the design learning objectives