SEKOLAH INKLUSI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI MADURA

Authors

  • Ruski STKIP PGRI Bangkalan

Keywords:

Disabilitas, Pendidikan, Inklusi

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Bangkalan di Pulau Madura, yaitu: Bangkalan, Penelitian ini merupakan penelitian kajian, dan evaluasi terhadap lingkungan disabilitas, dan kegiatan sekolah melalui analisis disabilitas untuk menemukan hal-hal yang menjadi faktor penyebab kurang berkembangnya sekolah inklusi terhadap penyandang disabilitas (Persons with Disabilities). Analisis data menggunakan metode kuantitatif bebasis deskripti. Pengolahan data dilakukan dengan proses cleaning, coding, editing, data entry dan kemudian disajikan dalam bentuk deskripsi, tabulasi serta infrensia data kuantitatif atau statistik. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu tahapan persiapan, dilakukan penyusunan instrument dan uji coba instrument. Tahapan pelaksanaan, dilaksanakan pengumpulan data yang diperoleh melalui kuesioner kepada guru, melakukan deep intervew (wawancara mendalam), dan Focus Group Dicutions (FGD). Tahapan Analisis, data dianalisis dan dideskripsikan berbasis tabulasi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Downloads

Published

2019-11-08

How to Cite

Ruski. (2019). SEKOLAH INKLUSI BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI MADURA. Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 2(2), 153–158. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/36