PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA NORUL HAROMAIEN PATENTENG KECAMATAN MODUNG
Keywords:
Two Stay Two Stray, Numbered Head Together, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perdedaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MA Norul Haromaien Patenteng-Modung. Jenis Penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif eksperimen. Sampel diambil menggunakan teknik sample sensus dari 30 siswa. Hasil belajar, kelompok eksperimen1 (rata – rata 70,63) lebih tinggi dari pada kelompok eksperimen2 (rata – rata 67,86) dan setelah dilakukan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,620 > t tabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,042. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran TSTS memberikan pengaruh signifikan dibandingkan dengan model NHT terhadap hasil belajar pada pokok bahasan ekonomi-persamaan akuntansi.