PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA NORUL HAROMAIEN PATENTENG KECAMATAN MODUNG

Authors

  • Yanti Handayani STKIP PGRI Bangkalan

Keywords:

Two Stay Two Stray, Numbered Head Together, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perdedaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Numbered Head Together terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di MA Norul Haromaien Patenteng-Modung. Jenis Penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif eksperimen. Sampel diambil menggunakan teknik sample sensus dari 30 siswa. Hasil belajar, kelompok eksperimen1 (rata – rata 70,63) lebih tinggi dari pada kelompok eksperimen2 (rata – rata 67,86) dan setelah dilakukan uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 3,620 > t tabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,042. Hal ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran TSTS memberikan pengaruh signifikan dibandingkan dengan model NHT terhadap hasil belajar pada pokok bahasan ekonomi-persamaan akuntansi.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Yanti Handayani. (2019). PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA NORUL HAROMAIEN PATENTENG KECAMATAN MODUNG . Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 3(2), 125–132. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/138