INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI DI MA RAUDLATUL ULUM KECAMATAN GALIS KABUPATEN BANGKALAN
Keywords:
Integrasi pendidikan, pendidikan karakter, pembelajaran ekonomiAbstract
Penelitian ini pada dasarnya karena di lingkungan Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum ini penulis menemukan beberapa masalah antara lain menurunnya sikap religius, sikap jujur, sikap toleransi, sikap disiplin, sikap kerja keras, sikap kreatif, sikap mandiri, sikap demokratis, sikap rasa ingin tahu, sikap semangat kebangsaan, sikap cinta tanah air, sikap menghargai prestasi, sikap bersahabat/komunikatif, sikap cinta damai, sikap gemar membaca, sikap peduli sosial, sikap peduli lingkungan dan sikap tanggung jawab yang seharusnya hal ini menjadi hal penting dalam belajar mengajar di lingkungan sekolah agar menjadi pribadi yang tidak hanya pandai dalam intelektual namun juga memiliki akhlakul karimah. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui cara pengintegrasian pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar pendidikan ekonomi tahun ajaran 2018-2019. Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1. Kesesuaian RPP guru dengan silabus 2. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam RPP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan hasil penggunaan teknik dan metode analisis data yang digunakan yaitu berdasarkan teknik baca dan catat. Membaca RPP guru pelajaran ekonomi serta mencatat bagian-bagian yang sudah menerapkan pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi. Penerapan pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi memang sudah seyogianya dilaksanakan oleh semua lembaga pendidikan agar dapat mencetak para siswa yang tidak hanya pandai intelektual namun juga memiliki karakter yang kuat dan berakhlakul karimah. Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum sudah mampu mengintegrasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran ekonomi.