Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa

Authors

  • Monika Rusna
  • Viktor Sagala
  • WINDI SETIAWAN Universitas Dr. Soetomo
  • Yuni Listiana

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v8i2.768

Keywords:

Berpikir Kreatif, Pemecahan Masalah, Kemampuan Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Brawijaya 2 Surabaya dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan siswa. Adapun proses berpikir kreatif berpandu pada tahapan Wallas meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi,1 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa berkemampuan matematika rendah.  Data yang digunakan yaitu data hasil tes, data pengamatan dan hasil wawancara. Berdasarkan analisis data hasil proses berpikir kreatif dalam memecahkan masalah matematika dan data pada transkrip wawancara maka diperoleh deskripsi proses berpikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika. Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi proses berpikir kreatifnya lebih unggul  dari Siswa Berkemampuan Matematika Sedang dan Siswa berkemampuan matematika Rendah

Published

2022-08-03

How to Cite

Rusna, M., Sagala, V., WINDI SETIAWAN, & Listiana, Y. (2022). Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Siswa. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 93–101. https://doi.org/10.31597/ja.v8i2.768