Profil Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dengan Motivasi Belajar Sedang Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual

Profil Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dengan Motivasi Belajar Sedang Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual

Authors

  • Alib Nurhadi Saputra kediri

Keywords:

kontekstual, motivasi, minat, keterampilan, pembelajaran

Abstract

Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang diajarkan secara formal di sekolah, matematika juga sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun faktanya masih dijumpai kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah kesebangunan. Hal ini berdasarkan pada hasil studi pendahuluan yang menunjukkan bahwa siswa tidak dapat menunjukkan bangun-bangun, siswa mengalami kesulitan dalam menyebutkan syarat dua bangun yang sebangun. Masalah yang dialami siswa tersebut di atas merupakan masalah urgent yang harus segera dicari solusinya. Peneliti terinspirasi untuk menggali profil berpikir tingkat tinggi siswa dalam penyelesaian masalah matematika pada materi kesebangunan. Berpikir tingkat tinggi dipilih untuk dibahas dengan pertimbangan bahwa untuk menyongsing abad 21 pemerintah menggalakkan soal bertipe high order thinking skill dalam pembelajaran matematika, dengan demikian perlu untuk dibahas deskripsi proses berpikir siswa dalam penyelesaian soal dengan tipe tersebut. Motivasi siswa dalam belajar matematika dipilih untuk mengetahui sejauhmana siswa dengan tingkat motivasi tertentu menyelesaikan masalah dengan tipe tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif eksploratif yangt bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir tingkat tinggi siswa dalam PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEDANG DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Hasil penelitian menunjukkan

Published

2019-07-26

How to Cite

Nurhadi Saputra, A. (2019). Profil Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dengan Motivasi Belajar Sedang Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual : Profil Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dengan Motivasi Belajar Sedang Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual . Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 131–138. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/264