Efektivitas Media Interaktif Berbasis Visual Basic (VBA) Power Point Dalam Materi Penyajian Data

Authors

  • Fitri Dewi Ahmawati Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Sumatera Selatan
  • Arvin Efriani UIN Raden Fatah
  • Riza Agustiani UIN Raden Fatah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media interaktif powerpoint berbasis VBA (Visual Basic) efektif terhadap pemahaman siswa mengenai materi penyajian data. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode eksperimen menggunakan desain one group pretest postest design.. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang dilakukan dengan tes postest dan pretest. Penelitian ini telah dilakukan pada salah satu SMP Negeri di Palembang yang dilaksanakan pada April tahun 2024 dengan subjek siswa kelas VII.A. Berdasarkan uji coba dalam penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan adanya perubahan yang cukup signifikan berdasarkan hasil uji yang digunakan yaitu uji T Paired t-test T dihasilkan nilai Thitung<Ttabel (2,17<21,79), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dengan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis VBA terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar. Selain itu, penggunaan media interaktif berbasis VBA ini dinilai cukup efektif berdasarkan perhitungan N-Gain score yaitu diperoleh skor mean gain score 0,64 dengan kategori sedang dan untuk mean persentase gain sebesar 64,46% tafsiran cukup efektif, sehingga dengan penggunaan media interaktif ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII A pada salah satu SMP Negeri di kota Palembang dapat ditingkatkan. dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis VBA.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Ahmawati, F. D., Efriani, A., & Agustiani, R. (2024). Efektivitas Media Interaktif Berbasis Visual Basic (VBA) Power Point Dalam Materi Penyajian Data. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 131–141. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1082