Efektivitas Media Interaktif Berbasis Visual Basic (VBA) Power Point Dalam Materi Penyajian Data
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media interaktif powerpoint berbasis VBA (Visual Basic) efektif terhadap pemahaman siswa mengenai materi penyajian data. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode eksperimen menggunakan desain one group pretest postest design.. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang dilakukan dengan tes postest dan pretest. Penelitian ini telah dilakukan pada salah satu SMP Negeri di Palembang yang dilaksanakan pada April tahun 2024 dengan subjek siswa kelas VII.A. Berdasarkan uji coba dalam penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan adanya perubahan yang cukup signifikan berdasarkan hasil uji yang digunakan yaitu uji T Paired t-test T dihasilkan nilai Thitung<Ttabel (2,17<21,79), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dengan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis VBA terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar. Selain itu, penggunaan media interaktif berbasis VBA ini dinilai cukup efektif berdasarkan perhitungan N-Gain score yaitu diperoleh skor mean gain score 0,64 dengan kategori sedang dan untuk mean persentase gain sebesar 64,46% tafsiran cukup efektif, sehingga dengan penggunaan media interaktif ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII A pada salah satu SMP Negeri di kota Palembang dapat ditingkatkan. dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis VBA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitri Dewi Ahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.