UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DAN SISWA SMA ISLAM PARLAUNGAN DALAM MENULIS KARYA TULIS MELALUI MADING TIGA DIMENSI DAN MAJALAH SEKOLAH

  • ARDIANIK Universitas Dr. Soetomo
  • BOEDI MARTONO Universitas Dr. Soetomo
  • WINDI SETIAWAN Universitas Dr. Soetomo
Keywords: majalah dinding tiga dimensi, majalah sekolah

Abstract

Fasilitas pembelajaran di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo cukup memadai, hanya saja minat siswa dalam membaca dan menulis karya tulis masih rendah, hal ini disebabkan karena tidak adanya mading dan majalah sekolah. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran berupa mading tiga dimensi dan majalah sekolah sangat diperlukan, karena berperan sebagai wadah untuk menampung kreativitas dalam menulis dan menyalurkan ide-ide kreatif guru dan siswa SMA Islam Parlaungan Sidoarjo dalam menulis karya tulis. Disamping itu majalah sekolah menjadi sarana yang sangat penting bagi institusi bukan hanya sebagai media informasi, akan tetapi sekaligus juga media promosi sekolah.  Metode pelaksanaan yang digunakan adalah metode lesson study. Tahapan dalam metode lesson study ini adalah sebagai berikut: (1) tahap Perencanaan (koordinasi dengan mitra, menyiapkan materi pelatihan, penggandaan  materi); (2) tahap pelaksanaan (dalam pembuatan mading tiga dimensi memeriksa kelengkapan alat dan bahan yang diperlukan, pembuatan majalah sekolah dengan pendampingan melalui pelatihan, penugasan, pendampingan, dan rubrikasi); (3) tahap refleksi. Adapun kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah sebagai berikut; (1) terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dengan sesudah dilakukan pelatihan, sebelum dengan sesudah dibuatkan majalah dinding tiga dimensi dan majalah sekolah, hal ini terlihat dari hasil karya tulis yang dipajang menunjukkan bahwa setiap siswa  maupun guru dapat menuangkan beragam gagasan, berbagai macam ide, pikiran, daya cipta, bahkan fantasi yang mengiringi perkembangan jiwa siswa  melalui berbagai macam ragam tulisan sehingga dapat dibaca oleh seluruh siswa dan guru  yang lain; (2) dari hasil dialog interaktif dengan Tim pengabdian masyarakat, mitra memandang positif  dengan kegiatan pengabdian ini dan sangat bermanfaat telah banyak memperoleh pengetahuan tentang pembuatan majalah dinding tiga dimensi dan majalah sekolah; (3) selama proses pembuatan majalah sekolah dan majalah dinding, mitra dan tim pengabdian masyarakat saling bekerja sama sehingga target yang ditentukan bisa terlaksana dengan baik. Majalah dinding tiga dimensi dibuat dengan konsep rumah gubuk  dan majalah sekolah dengan nama ISPA dengan penerbitan edisi yang pertama.

Published
2019-12-31
How to Cite
ARDIANIK, BOEDI MARTONO, & WINDI SETIAWAN. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU DAN SISWA SMA ISLAM PARLAUNGAN DALAM MENULIS KARYA TULIS MELALUI MADING TIGA DIMENSI DAN MAJALAH SEKOLAH . JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 10-20. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/article/view/175
Section
Table of Contents