PENGGUNAAN MEDIA SIKLUS AIR DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI UPTD SDN MLAJAH 2 BANGKALAN

Authors

  • zainal zainal STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Pembelajaran IPAS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dan memiliki karakteristik pembelajaran yang berbasis teks atau gambar. Selama ini pembelajaran IPAS di ajarkan dengan cara ceramah dan penugasan sehingga membuat proses pembelajaran didominasi oleh guru dan siswa kurang terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan bagi siswa. Kehadiran media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran dan membantu guru lebih mudah menyampaikan informasi pembelajaran dan memudahkan siswa memahami materi pelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah siklus air yang berupa permainan berfungsi menunjukkan pembelajaran dengan sistem pembelajaran dengan cara bermain sehingga proses pembelajaran yang dilakukan menjadi menarik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam bentuk pelatihan penggunaan media siklus air sebagai media pembelajaran IPAS bagi guru-guru sekolah dasar di SDN Mlajah 2 Bangkalan. Peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media siklus air pada pembelajaran IPAS di sekolah sehingga dapat menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

zainal, zainal. (2025). PENGGUNAAN MEDIA SIKLUS AIR DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI UPTD SDN MLAJAH 2 BANGKALAN. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 9–19. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/article/view/1249

Issue

Section

Table of Contents