EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU ALMIAH DASAR (IAD) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Authors

  • Hefi Rusnita Dewi STKIP PGRI Bangkalan

Keywords:

Efektivitas, Media Audio Visual, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Ilmu Alamiah Dasar berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Pembelajaran Ilmu Alamiah dengan bantuan media audio visual diharapkan dapat mempermudah proses belajar mengajar , karena media pembelajaran ini merupakan elektronik yang secara bersama-sama menampilkan auditif (pendengaran ) dan visual ( penglihatan ) sebagai sumber belajar dan sebagai penyalur informasi dari bahan – bahan pelajaran yang disampaikan pendidik kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar serta memperjelas penyampaian materi pembelajaran, karena obyek yang dipelajari lebih mudah diamati, membuat materi yang dibahas lebih mudah dipelajari, sehingga mahasiswa lebih cepat memahami materi pembelajaran. Pembelajaran Ilmu Alamiah berbantuan media audio visual ini dapat memudahkan dosen dalam menyampaikan materi pada saat proses belajar mengajar di kelas. Desain penelitian ini menggunakan rancangan Desain dalam penelitian ini menggunakan pra eksperimen dengan pola dasar “One Group Pretest and Postest Design”. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa Pembelajaran Ilmu Alamiah berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan Ekonomi adalah efektif

Downloads

Published

2019-11-08

How to Cite

Hefi Rusnita Dewi. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ILMU ALMIAH DASAR (IAD) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI. Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 2(2), 128–133. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/33