EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

Authors

  • Sudarmiani Universitas PGRI Madiun
  • Budi Sri Supeni

Keywords:

Discovery learning, Media Gambar, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran discovery learning dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 5 Madiun. Prosedur penelitian tindakan dengan melalui 3 siklus dan masing-masing silkus terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang dilakukan, yaitu: (1) Perencanaan; (2) Tindakan; (3) Pengamatan/Observasi; (4) Refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi. Angket di gunakan untuk mengetahui minat belajar siswa dengan menggunakan media gambar, sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran discovery learning dengan Media Gambar efektif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS-1 SMA Negeri 5 Madiun. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan minat belajar siswa dari hasil angket yang ditunjukkan dengan peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh kriteria sangat baik yaitu pada siklus I sebesar 0 % meningkat menjadi 31 % pada siklus III, minat belajar siswa yang memperoleh kriteria baik yaitu pada siklus I sebesar 14 % meningkat menjadi 38 % pada siklus III.

Downloads

Published

2019-11-29

How to Cite

Sudarmiani, & Budi Sri Supeni. (2019). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA . Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 3(2), 120–124. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/137