Persepsi Siswa Terhadap Game Edukasi Quizizz Pada Mata Pelajaran PPKn: Studi Kasus di Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Bangkalan

  • R. Roro Annisa STKIP PGRI Bangkalan
  • Dian Eka Indriani
  • Ernawati Ernawati
Keywords: Pendidikan, Persepsi Siswa, Game Edukasi Quizizz

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya menyiapkan suatu upaya untuk manusia, agar berkembang dengan berbagai macam pengetahuan yang berdayaguna untuk ikutan di dalam perkembangan pada dunia pendidikan dan memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan bangsa. Pada proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar tentunya memunculkan persepsi pada setiap siswa, persepsi yang dihasilkan dari setiap siswa tentunya berbeda-beda, persepsi siswa adalah proses pemberian arti dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap game edukasi quizizz pada mata pelajaran PPKn dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap game edukasi quizizz pada mata pelajaran PPKn. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Bangkalan tahun ajaran 2021 / 2022 yang berjumlah 34 responden.

            Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa kelas X IPS 3 SMA 2 Negeri Bangkalan termotivasi dengan penerapan pembelajaran menggunakan game edukasi quizizz. Penerapan quizizz tersebut dapat membantu siswa untuk mengingat materi yang disampaikan oleh guru dan siswa juga merasa tertantang saat mengerjakan soal-soal yang diberikan guru dengan durasi waktu yang singkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-06
How to Cite
Annisa, R. R., Indriani, D. E., & Ernawati, E. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Game Edukasi Quizizz Pada Mata Pelajaran PPKn: Studi Kasus di Kelas X IPS 3 SMA Negeri 2 Bangkalan. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 6(1), 561-573. https://doi.org/10.31597/ccj.v6i1.707
Section
Articles