Strategi Pengembangan Mutu Sekolah Dasar dan Penguatan Karakter Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Melalui Studi Kasus Di SDN 1 Kunti Sampung)

  • Elva Adelia Yuliani Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Hadi Cahyono Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Prihma Sinta Utami
Keywords: strategi, pengembangan mutu, penguatan karakter, sekolah dasar

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sebuah usaha yang tentukan dan dirancang secara terstruktur agar bisa menciptakan sebuah proses belajar mengajar yang aktif, sehingga bisa mengembangkan potensi diri untuk memperkuat spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang dibutuhkan dalam kegiatan masyarakat dan bangsa. Pendidikan juga untuk menciptakan manusia yang memiliki wawasan luas sehingga bisa meningkatkan mutu bagi semua aspek kehidupan. Sekolah menjadi sarana yang sangat stategis dalam menanamkan Pendidikan karakter. Dalam menanamkan Pendidikan karakter bisa dilakukan dengan beberapa Langkah yang strategis yaitu dengan mengintegrasikan konten Pendidikan karakter yang telah dirumuskan dalam semua mata pelajaran, mengintegrasikan Pendidikan karakter dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, mengintegrasikan Pendidikan karakter dalam kegiatan yang di programkan atau direncanakan, dan membangun komunikasi Kerjasama antar sekolah dan orang tua peserta didik. Akan tetapi mutu Pendidikan nasional dan Pendidikan karakter yang sedang diharapkan, saat ini mengalami sebuah permasalahan pada peningkatan kualitas Pendidikan dan Pendidikan karakter, pemerataan kesempatan belajar yang hanya terfokuskan pada Pendidikan akademi sehingga Pendidikan karakter menjadi tidak diperhatikan, keterbatasan anggaran dan masih belum terpenuhinya sumber daya manusia yang professional. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan mutu sekolah dasar dan penguatan karakter siswa di masa pandemi Covid-19 (Melalui Studi Kasus Di SDN 1 Kunti Sampung) dan strategi yang dilakukan untuk mengembangkan mutu sekolah dasar dan penguatan karakter Siswa di masa pandemi Covid-19 (Melalui Studi Kasus Di SDN 1 Kunti Sampung). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Data deskriptif yang diperoleh berasal dari narasumber yang mengetahui kondisi dan situasi dari lingkungan SDN 1 Kunti Sampung seperti kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa. Penentuan narasumber ini nantinya menggunakan Teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya Kurangnya guru yang berkompeten, Kurangnya minat belajar peserta didik, Kurangnya sarana dan prasarana, Kurangnya media pembelajaran, orang tua/wali peserta didik merupakan penduduk kalangan ekonomi kebawah, dan Kurangnya pembekalan dan masih minimnya informasi mengenai kurikulum 2013. Hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dirumuskan strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan Mutu Sekolah Dasar Melalui Studi Kasus Di SDN 1 Kunti Sampung Di Masa Pandemi Covid-19. Beberaoa strategi yang dilakukan yaitu terfokuskan pada peningkatan kualitas guru, peningkatan kualitas pembelajaran, pemenuhan saran dan prasarana.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-06
How to Cite
Elva Adelia Yuliani, Cahyono, H., & Sinta Utami , P. (2022). Strategi Pengembangan Mutu Sekolah Dasar dan Penguatan Karakter Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Melalui Studi Kasus Di SDN 1 Kunti Sampung). Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 6(1), 582-597. https://doi.org/10.31597/ccj.v6i1.656
Section
Articles