Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Media Trudare Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa SDN 1 Sowan Lor

Authors

  • Salmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Hamidaturrohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.31597/ccj.v9i1.1251

Abstract

Abstract. Pancasila education has a high urgency in shaping the character and identity of the Indonesian people, lack of understanding of these values can weaken social awareness in the younger generation, which has an impact on the decline in involvement in the application of national values in the future. This study aims to analyze the effectiveness of the Project Based Learning (PJBL) model assisted by Media Truth or Dare (Turdare) on the learning outcomes of Pancasila education in class V students in SDN 1 Sowan Lor. Quantitative research methods use non-Equivalent pretest-posttest designs with unequal control groups. The research sample consists of two classes, namely the experimental class that applies PJBL with Turdare media and control classes that use traditional lecture methods. Research tools in the form of multiple choice tests that have been tested for validity. The result of the normality test with a value of Sig 0.200 and homogeneity with a value of Sig 0.315 shows that data is normally distributed and homogeneous. The results of t-test in pairs of significance value of 0,000 indicate a significant difference between learning outcomes in the experimental class and the control class. The average post-test value in the experimental class of the difference of -27,400 experienced a more significant increase than the control class. This study indicates that the use of PJBL models with Turdare media has succeeded in improving student learning outcomes because it creates an active, fun, and meaningful learning environment. In this way, this model can be an option for teachers to improve learning outcomes, especially in learning Pancasila education in elementary schools.

Keywords: Project-Based Learning, Truth or Dare Media, Pancasila Education, Learning Outcomes

Abstrak. Pendidikan Pancasila memiliki urgensi tinggi dalam membentuk karakter dan identitas bangsa Indonesia, kurangnya pemahaman tentang nilai-nilai ini dapat melemahkan kesadaran sosial pada generasi muda, yang berdampak menurunnya keterlibatan dalam penerapan nilai kebangsaan di masa depan. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model Project Based Learning (PjBL) yang dibantu media Truth or Dare (TRUDARE) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V di SDN 1 Sowan Lor. Metode penelitian dengan kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest non-equivalent dengan kelompok kontrol yang tidak setara. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan PjBL dengan media TRUDARE dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah tradisional. Alat penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitasnya. Hasil dari uji normalitas dengan nilai sig 0,200 dan homogenitas dengan nilai sig 0,315 menunjukkan bahwa data terdistribusi secara normal dan homogen. Hasil uji-t berpasangan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen selisih sebesar -27,400 mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan model PjBL dengan media TRUDARE berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Dengan cara ini, model ini bisa menjadi pilihan bagi pengajar untuk meningkatkan hasil belajar, terutama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.

Kata Kunci: Project Based Learning, Media Truth or Dare, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Salmah, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

<strong><em>Abstract.</em></strong> <em>Pancasila education has a high urgency in shaping the character and identity of the Indonesian people, lack of understanding of these values can weaken social awareness in the younger generation, which has an impact on the decline in involvement in the application of national values in the future. This study aims to analyze the effectiveness of the Project Based Learning (PJBL) model assisted by Media Truth or Dare (Turdare) on the learning outcomes of Pancasila education in class V students in SDN 1 Sowan Lor. Quantitative research methods use non-Equivalent pretest-posttest designs with unequal control groups. The research sample consists of two classes, namely the experimental class that applies PJBL with Turdare media and control classes that use traditional lecture methods. Research tools in the form of multiple choice tests that have been tested for validity. The result of the normality test with a value of Sig 0.200 and homogeneity with a value of Sig 0.315 shows that data is normally distributed and homogeneous. The results of t-test in pairs of significance value of 0,000 indicate a significant difference between learning outcomes in the experimental class and the control class. The average post-test value in the experimental class of the difference of -27,400 experienced a more significant increase than the control class. This study indicates that the use of PJBL models with Turdare media has succeeded in improving student learning outcomes because it creates an active, fun, and meaningful learning environment. In this way, this model can be an option for teachers to improve learning outcomes, especially in learning Pancasila education in elementary schools.</em><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Project-Based Learning, Truth or Dare Media, Pancasila Education, Learning Outcomes</em><strong>Abstrak. </strong>Pendidikan Pancasila memiliki urgensi tinggi dalam membentuk karakter dan identitas bangsa Indonesia, kurangnya pemahaman tentang nilai-nilai ini dapat melemahkan kesadaran sosial pada generasi muda, yang berdampak menurunnya keterlibatan dalam penerapan nilai kebangsaan di masa depan. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model <em>Project Based Learning</em> (PjBL) yang dibantu media <em>Truth or Dare</em> (TRUDARE) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V di SDN 1 Sowan Lor. Metode penelitian dengan kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest non-equivalent dengan kelompok kontrol yang tidak setara. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan PjBL dengan media TRUDARE dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah tradisional. Alat penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitasnya. Hasil dari uji normalitas dengan nilai sig 0,200 dan homogenitas dengan nilai sig 0,315 menunjukkan bahwa data terdistribusi secara normal dan homogen. Hasil uji-t berpasangan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen selisih sebesar -27,400 mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan model PjBL dengan media TRUDARE berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Dengan cara ini, model ini bisa menjadi pilihan bagi pengajar untuk meningkatkan hasil belajar, terutama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.<strong>Kata Kunci</strong>: <em>Project Based Learning</em>, Media <em>Truth or Dare</em>, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Hamidaturrohmah, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

<strong><em>Abstract.</em></strong> <em>Pancasila education has a high urgency in shaping the character and identity of the Indonesian people, lack of understanding of these values can weaken social awareness in the younger generation, which has an impact on the decline in involvement in the application of national values in the future. This study aims to analyze the effectiveness of the Project Based Learning (PJBL) model assisted by Media Truth or Dare (Turdare) on the learning outcomes of Pancasila education in class V students in SDN 1 Sowan Lor. Quantitative research methods use non-Equivalent pretest-posttest designs with unequal control groups. The research sample consists of two classes, namely the experimental class that applies PJBL with Turdare media and control classes that use traditional lecture methods. Research tools in the form of multiple choice tests that have been tested for validity. The result of the normality test with a value of Sig 0.200 and homogeneity with a value of Sig 0.315 shows that data is normally distributed and homogeneous. The results of t-test in pairs of significance value of 0,000 indicate a significant difference between learning outcomes in the experimental class and the control class. The average post-test value in the experimental class of the difference of -27,400 experienced a more significant increase than the control class. This study indicates that the use of PJBL models with Turdare media has succeeded in improving student learning outcomes because it creates an active, fun, and meaningful learning environment. In this way, this model can be an option for teachers to improve learning outcomes, especially in learning Pancasila education in elementary schools.</em><strong><em>Keywords:</em></strong><em> Project-Based Learning, Truth or Dare Media, Pancasila Education, Learning Outcomes</em><strong>Abstrak. </strong>Pendidikan Pancasila memiliki urgensi tinggi dalam membentuk karakter dan identitas bangsa Indonesia, kurangnya pemahaman tentang nilai-nilai ini dapat melemahkan kesadaran sosial pada generasi muda, yang berdampak menurunnya keterlibatan dalam penerapan nilai kebangsaan di masa depan. Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas model <em>Project Based Learning</em> (PjBL) yang dibantu media <em>Truth or Dare</em> (TRUDARE) terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V di SDN 1 Sowan Lor. Metode penelitian dengan kuantitatif menggunakan desain pretest-posttest non-equivalent dengan kelompok kontrol yang tidak setara. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan PjBL dengan media TRUDARE dan kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah tradisional. Alat penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitasnya. Hasil dari uji normalitas dengan nilai sig 0,200 dan homogenitas dengan nilai sig 0,315 menunjukkan bahwa data terdistribusi secara normal dan homogen. Hasil uji-t berpasangan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen selisih sebesar -27,400 mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan model PjBL dengan media TRUDARE berhasil meningkatkan hasil belajar siswa karena menciptakan lingkungan belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Dengan cara ini, model ini bisa menjadi pilihan bagi pengajar untuk meningkatkan hasil belajar, terutama dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di sekolah dasar.<strong>Kata Kunci</strong>: <em>Project Based Learning</em>, Media <em>Truth or Dare</em>, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

Salmah, & Hamidaturrohmah. (2025). Efektivitas Model Project Based Learning Berbantuan Media Trudare Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa SDN 1 Sowan Lor . Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 9(1), 424–437. https://doi.org/10.31597/ccj.v9i1.1251

Issue

Section

Articles