MEDIA PEMBELAJARAN KHAN ACADEMY SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Lina Wahyu Sri Fatmasari Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Pandemi Covid-19 telah melanda seluruh dunia dan memberikan dampak yang signifikan, khususnya dalam dunia pendidikan. Proses pembelajaran tidak lagi berlangsung disekolah, melainkan dilakukan secara daring (dalam jaringan). Tujuan penelitian pada artikel ini ada dua. Pertama, menganalisis media pembelajaran Khan Academy yang dapat digunakan sebagai alternatif solusi pembelajaran di era pandemi Covid-19. Kedua, mendeskripsikan bagaimana integrasi media pembelajaran Khan Academy dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu studi pustaka. Obyek penelitian dalam artikel ini adalah media pembelajaran Khan Academy sebagai solusi alternatif pembelajaran di era pandemi Covid-19. Keabsahan data pada artikel ini menggunakan triangulasi sumber dan perpanjangan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik komparasi data. Penelitian dalam artikel ini menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran Khan Academy dapat menjadi alternatif solusi pembelajaran dan diterapkan disekolah, dan penggunaan media Khan Academy mudah dan bermanfaat bagi siswa, guru, dan orangtua.

Published
2020-08-11
How to Cite
Lina Wahyu Sri Fatmasari. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN KHAN ACADEMY SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 149-157. https://doi.org/10.31597/ja.v6i2.419