Peningkatan Hasil Belajar Geometri Pada Siswa Kelas X-A Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr)

Authors

  • KAMUL YULIASIH Guru SMAN 1 Kalianget

Keywords:

Peningkatan, Hasil Belajar, Matematika Realistik

Abstract

Penelitian ini merupaka penelitian action reseach yang bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan metode Pembelajaran Matematika
Realistik (PMR) dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini
dilakukan dengan dua siklus dengan subjek kelas X-A yang terdiri dari
36 orang. Hasil penelitian menyatakan bahwa kegiatan guru
menerapkan metode Pembelajaran Matematika Realistik (PMR)
berjalan dengan baik. dari hasil tes dapat diketahui telah terdapat 32
anak (88,9%) yang tuntas dalam belajaranya secara individual. Dari
siswa yang tuntas tersebut 24 anak (66,7%) tuntas dengan kategori
baik, 3 anak (8,3%) tuntas dengan kategori sangat baik dan 5 anak
(13,9%) tuntas dengan kategori istimewa dan nilai rata-rata kelas yang
diperoleh telah menunjukkan adanya prestasi belajar yang
membanggakan karena telah memenuhi ketuntasan secara klasikal.
Persentase ketuntasan klasikal yang telah dicapai adalah yaitu 88,9 %
atau meningkat sekitar 19,5% dari siklus sebelumnya

Published

2016-01-29

How to Cite

YULIASIH, K. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Geometri Pada Siswa Kelas X-A Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Matematika Realistik (Pmr). Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 53–65. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/306