Mengatasi Kesulitan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Integral Dengan Cara Substitusi

Authors

  • Anton Sujarwo SMK Negeri 5 Surabaya

Keywords:

kesulitan, memecahkan masalah, integral

Abstract

Salah satu kesulitan yang dialami siswa SMK dalam pembelajaran matematika adalah menyelesaikan soal-soal integral.  Pada sebagian besar buku pelajaran, materi integral kurang dipaparkan secara gamblang dengan konsep-konsep yang jelas.  Padahal belajar integral membutuhkan pemahaman konsep, latihan yang terus menerus dan menguasai materi prasarat dengan baik.  Kesulitan guru adalah bagaimana membelajarkan siswa dalam memecahkan soal integral.

Makalah ini merupakan hasil pengalaman penulis dalam mengajarkan materi integral kepada siswa SMK.  Banyaknya kesulitan yang dihadapi siswa SMK, mendorong penulis untuk mencari strategi yang tepat dalam mengajarkan materi integral dengan cara substitusi.  Gagasan dibelakang aturan substitusi adalah menggantikan integral yang agak rumit dengan integral yang lebih sederhana.  Ini dilakukan dengan mengganti variabel semula x dengan variabel baru u yang merupakan fungsi x.  Tantangan utama dalam penggunaan aturan subsitusi adalah memikirkan subsitusi yang tepat.

Penulis menganggap bahwa masalah materi integral yang tidak dapat diselesaikan dengan  cara-cara biasa dapat  menggunakan cara subsitusi agar lebih mudah diselesaikan. Tetapi dalam membelajarkan materi integral dengan cara substitusi kepada siswa, guru banyak mengalami kesulitan.  Diperlukan strategi khusus dalam menyampaikan materi integral dengan cara subsitusi kepada siswa agar tidak terjadi kesulitan.

Dalam hal ini penulis mmenawarkan cara yang lebih mudah dalam menyelesaikan soal-soal integral selain dengan cara substitusi yaitu cara langsung dengan menggunakan simbol-simbol yang lebih mudah dipahami siswa SMK.  Dengan demikian diharapkan siswa dapat mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal integral selain dengan cara substitusi

Published

2016-01-29

How to Cite

Sujarwo, A. (2016). Mengatasi Kesulitan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Integral Dengan Cara Substitusi. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–7. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/301