Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Alfiah Herfusita Rakhmi Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Think Pair Share, Make A Match, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena model pembelajaran yang biasa diterapkan di SMP Negeri 3
Susukan masih berpusat pada guru dan siswa pasif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran
yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan
Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1)efektivitas penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Make A Match terhadap hasil belajar,(2)perbedaan hasil
belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Make A Match .
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII
SMP Negeri 3 Susukan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas VIII C
sebagai kelas Eksperimen I, kelas VIII D sebagai kelas Eksperimen II dan kelas VIII E sebagai kelas uji
coba.Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan
yaitu soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan
uji homogenitas dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Berdasarkan dari tes hasil belajar matematika siswa, nilai rata-rata kelas eksperimen I 77,93 lebih
tinggi dibandingkan kelas Eksperimen II yaitu 71,6. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil
belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Susukan Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung
= 2,145 dan ttabel = 2,001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Susukan Tahun Ajaran 2017/2018.

Published

2020-03-05

How to Cite

Herfusita Rakhmi, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 55–62. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/285