Pengaruh Model PBL Terhadap Pemahaman konsep Siswa Materi Luas Jajargenjang Dikelas VII

Authors

  • Riska Armela Armela STKIP Muhammadiyah Pagaralam

Keywords:

Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pemahaman Konsep

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Model Problem
Based Learning (PBL) ) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Luas Jajargenjang Di Kelas VII
SMP Negeri 4 Pagaralam Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Pagaralam Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 62 siswa, sampel penelitian
ini adalah kelas VII.A dan VII.C. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dalam bentuk essay didapat
nilai rata-rata kelas eksperimenX1 = 67,52 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol X2 = 57,95 dan analisis
data menggunakan uji hipotesis dengan rumus statistik subjek t (statistik uji t). Berdasarkan perhitungan
dengan rumus statistik uji t’ diperoleh thitung = 2,076 pada taraf nyata 5% = 0,05 dengan daftar distribusi t’
adalah (1 – 0,05) = (0,95) dan dk 1 = (21 – 1) = 20 sedangkan dk 2 = (20 – 1) = 19 dan didapat ttabel =1,727 maka
H0 ditolak dan H1 diterima ini berarti bahwa ada Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) ) Terhadap
Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Luas Jajargenjang Di Kelas VII SMP Negeri 4 Pagaralam Tahun
Pelajaran 2017/2018

Published

2020-03-05

How to Cite

Armela, R. A. (2020). Pengaruh Model PBL Terhadap Pemahaman konsep Siswa Materi Luas Jajargenjang Dikelas VII. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 48–54. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/284