Evektivitas Model Pembelajaran Addie Berbantuan Mindmapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Authors

  • Popy Darsono Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Keywords:

Model ADDIE dan Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan ke efektifan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan penerapan model ADDIE berbantu Mind Mapping lebih efektif dari pembelajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Pretest – Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik pada kelas X SMA Negeri 2 Natar. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dengan teknik undian, diperoleh kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis N-gain kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi Relasi dan Fungsi pada taraf signifikasi α = 0,05 diperoleh nilai t hitung = 3,106 dan t tabel = 2,002 Karenat t hitung > t tabel ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model pembelajaran ADDIE berbantu Mind Mapping lebih efektif dari model pembelajaran problem based learning.

Published

2020-03-05

How to Cite

Darsono, P. (2020). Evektivitas Model Pembelajaran Addie Berbantuan Mindmapping Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 40–47. Retrieved from http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/283