BERPIKIR PROBABILISTIK SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DALAM MENYELESAIKAN TUGAS PROBABILITAS BERBASIS TEKNOLOGI
Keywords:
Berpikir probabilistik; Siswa Sekolah Dasar (SD); Tugas probabilitas berbasis teknologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mendeskripsikan berpikir probabilistik siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan tugas probabilitas berbasis teknologi. Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 dengan kemampuan matematika tinggi dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memberikan respon, strategi dan representasi yang sama dalam menyelesaikan tugas-tugas probabilitas berbasis teknologi. Sedangkan siswa dengan kemampuan matematika rendah memberikan respon, strategi dan representasi yagn berbeda dalam menyelesaikan tugas-tugas probabilitas berbasis teknologi. Perbedaan tersebut bergantung pada struktur dan jenis tugas yang diberikan. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru di Indonesia bahwa salah satu cara untuk mengenalkan probabilitas untuk siswa sekolah dasar adalah melalui pemberian tugas probabilitas berbasis teknologi untuk mengembangkan berpikir probabilistik siswa.