ANALISIS MANAJEMEN USAHA FITNESS CENTRE DAN MOTIVASI MASYARAKAT UNTUK MENJADI MEMBER FITNESS DI KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31597/satria.v3i2.525Keywords:
Manajemen fitness centre, motivasi member, Kota MalangAbstract
Penerapan manajemen usaha fitness centre yang baik dan tepat akan membantu meningkatkan daya tarik masyrakat untuk menjadi member. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen usaha fitness centre dan motivasi masyarakat untuk menjadi member fitness di Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan total responden yang digunakan sebanyak 80 orang member fitness di Kota Malang, pengambilan data menggunakan angket kuesioner tentang manajemen fitness centre dan motivasi masyrakat untuk menjadi member. Hasil penelitian ini menyatakan penilaian manajemen fitness centre Kota Malang yang meliputi aspek fasilitas memiliki kategori sangat baik dengan skor persentase sebesar 87.29%, aspek instruktur memiliki kategori sangat baik dengan skor persentase sebesar 85.20%, aspek tata ruang memiliki kategori baik dengan skor persentase sebesar 82.91% dan aspek suasana dan kebersihan memiliki kategori baik dengan skor persentase sebesar 84.90%. Untuk penilaian motivasi masyarakat untuk menjadi member di fitness centre Kota Malang yang meliputi aspek autonomy memiliki kategori tinggi dengan skor persentase sebesar 83.58%, aspek competence memiliki kategori tinggi dengan skor persentase sebesar 79.50% dan aspek relatedness memiliki kategori rendah dengan skor persentase sebesar 60.45%. Secara keseluruhan manajemen fitness centre dan motivasi masyarakat untuk menjadi member di fitness centre Kota Malang memiliki kategori sangat baik dengan skor persentase sebesar 85.07% (manajemen) dan memiliki kategori tinggi dengan skor persentase sebesar 74.51% (motivasi).