A IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31597/satria.v3i2.506Keywords:
Kata – kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI , Hasil Belajar, PJOKAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya minat, motivasi, dan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar siswa kurang tercapai secara optimal. Dari permasalahan tersebut guru sebagai pengelola proses pembelajaran diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang merangsang minat belajar siswa dan mampu menyediakan lingkungan belajar yang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PJOK melalui implementasi model pembelajaran TAI pada siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus, terdiri dari, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 16 orang terdiri dari 7 siswa putra dan 9 siswa putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data pada siklus. Persentase hasil belajar PJOK secara klasikal pada siklus I sebesar 81,25% (baik), dan pada siklus II sebesar 100% (sangat baik). Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,75% dan rata-rata dari kedua siklus adalah 90,62%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar PJOK meningkat melalui implementasi model pembelajaran TAI pada siswa kelas V SD Negeri 9 Subagan semester I tahun pelajaran 2018/2019.