PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN RELAKSASI TERHADAP KECEMASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMAN 1 GLENMORE BANYUWANGI
Keywords:
Relaksasi, Kecemasan, Kepercayaan Diri, Relaxation, Anxiety, Self ConfidenceAbstract
Vabiola Larassati, 2018. Pengaruh Penerapan Latihan Relaksasi Terhadap Kecemasan Dan
Kepercayaan Diri Siswa Ekstrakurikuler Olahraga SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Tesis, Program
Studi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing; (I)
Dr. Anung Priambodo, M. Psi. T dan (II) Dr. Miftakhul Jannah, M. Psi. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui perubahan tentang dampak langsung antara perlakuan relaksasi terhadap
kecemasan dan kepercayaan diri siswa ekstrakurikuler olahraga SMAN 1 Glenmore Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan menggunakan subyek 60 siswa ekstrakurikuler
olahraga, di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujian
data dilakukan dengan menggunakan angket SCAT dan angket SSCI. Berdasarkan hasil skor siswa
terdapat penurunan kecemasan siswa dari pretest 20,2% menurun saat posttest menjadi 18,8%
dengan selisih 1,4%, sedangkan untuk kepercayaan diri meningkat saat pretest dari 83,20% menjadi
saat pretest 88,8% dengan selisih 4,93%.
Vabiola Larassati, 2018. Effect of Application of Exercise Relaxation Against Anxiety and Student
Confidence in Extracurricular Sports at SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Thesis, Sports Education
Study Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor; (I) Dr. Anung
Priambodo, M. Psi. T and (II) Dr. Miftakhul Jannah, M. Psi. This study aims to determine the
changes in the direct impact of relaxation treatment on anxiety and confidence in extracurricular
sports students at SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. This study uses action research by using the
subjects of 60 extracurricular sports students, divided into 2 groups, namely the experimental group
and the control group. Data testing was carried out using the SCAT questionnaire and SSCI
questionnaire. Based on the results of student scores there was a decrease in students' anxiety from
20.2% pretest decreased when posttest to 18.8% with a difference of 1.4%, while for self-confidence
increased at pretest from 83.20% to pretest 88.8% with difference 4.93%.