PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR UNTUK ANAK SD MENGGUNAKAN GAME SEBAGAI MEDIA

Authors

  • Adolfina M.S Moybeka Universitas Tribuana Kalabahi
  • Triznawasti Y. Daik
  • Herman R.N Un Universitas Tribuana Kalabahi
  • Margerita Sailana

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v6i1.995

Abstract

Penggunaan game sebagai media dalam Pendampingan pembelajaran Bahasa Inggris Dasar bertujuan utama untuk meningkatkan tingkat keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses belajar. Dalam program ini, kelompok kerja (TIM) masih mengadopsi pendekatan game dan media yang paling sederhana dalam pengajaran, dengan keyakinan bahwa ini mampu menciptakan suasana kelas yang lebih berwarna dan dinamis. Siswa-siswa menjadi lebih bersemangat untuk berpartisipasi secara aktif dalam aktivitas belajar, terutama karena mereka menganggap penggunaan media tersebut sebagai metode inovatif dan menyenangkan untuk memahami bahasa asing. Pendekatan ini memiliki nilai tambah dalam mengatasi perasaan canggung atau malu yang sering muncul ketika siswa belajar berbicara dalam bahasa Inggris. Dengan adanya interaksi, tantangan, dan elemen permainan, siswa lebih mudah melibatkan diri dalam pembelajaran, mengurangi hambatan komunikasi, dan secara bertahap membangun kepercayaan diri dalam berbahasa Inggris.

Downloads

Published

2023-08-16

How to Cite

Moybeka, A. M. ., Daik, T. Y. ., R.N Un, H. ., & Sailana, M. . (2023). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR UNTUK ANAK SD MENGGUNAKAN GAME SEBAGAI MEDIA. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.31597/ja.v6i1.995

Issue

Section

Table of Contents