PELATIHAN PENGGUNAAN PROJECT BASED LEARNING BAGI GURU-GURU BAHASA INGGRIS DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v6i1.971Keywords:
project based learning, pedagogik, guruAbstract
Permasalahan guru-guru di pondok pesanten darussalam yaitu belum memahami sepenuhnya model pembelajaran interaktif salah satunya yaitu project based learning yang mampu memberdayakan kemampuan berpikir- kritis dan kreatif siswa. Oleh karena itu, guru perlu memperoleh informasi (melalui pelatihan) mengenai project based learning yang mampu membuat siswa berpikir kritis dan kreatif. Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan. Sebelum pelaksanaan pelatihan, tim PKM akan memberitahu dan meminta izin kepada Kepala sekolah untuk mengadakan kegiatan PkM. Selanjutnya, tim bersama Kepala sekolah berkoordinasi terkait penjadwalan pelatihan. Tempat pelatihan ini akan dilaksanakan di aula pondok pesantren darussalam. Jumlah peserta pelatihan ini ditargetkan sebanyak 18 orang. Selanjutnya, pelatihan ini akan menerapkan pelatihan aktif dimana seluruh peserta pelatihan dapat belajar melalui pengalamannya sehingga tujuan yang telah direncanakan dapat diperoleh secara optimal. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Berdasarkan hasil pretes dan postes diperoleh skor yang meningkat sehingga dapat dikatakan kemampuan peserta pelatihan terlihat meningkat. Dengan demikian, pelatihan ini dapat dikatakan berhasil menambah pengetahuan peserta terkait dengan model pembelajaran project based learning.