REVITALISASI PERMAINAN TRADISIONAL MELALUI PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MOTORIK BAGI GURU TK BTB LIDAH WETAN SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v5i2.799Abstract
Abstrak: Permainan merupakan hal yang paling disenangi anak. Permainan
tradisional mulai ditinggalkan dan jarang digunakan dalam pembelajaran di PAUD
karena dianggap kuno serta melelahkan. Permasalahan mitra yaitu Dalam
mengajarkan pengembangan motorik guru-guru masih terbatas pada Gerakan
tertentu saja seperti menari,dan menirukan Gerakan binatang dan tidak
menggunakan alat atau media. Untuk itu, dalam upaya merevitalisasi permainan
tradisional, tim melakukan pelatihan pembelajaran pengembangan motorik melalui
permainan tradisional bagi orang tua dan guru-guru PAUD. Kegiatan PPM ini
bertujuan untuk membekali guru TK dan KB di Lakarsantri agar mereka mampu
mengidentifikasi, memilih, mengembangkan, dan mempraktikkan permainan
tradisional untuk pembelajaran pengembangan motorik . Bentuk kegiatan yang
paling cocok untuk membekali para guru dan orang tua tersebut adalah pelatihan.
Kegiatan pelatihan dilakukan secara sistematis, dari kegiatan yang bersifat teoretis
hingga praktis, yaitu dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, praktik,
dan brainstorming. Peserta pelatihannya adalah guru-guru TK dan KB dan orang
tua di TK Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya. Hasil kegiatan PPM ini semua
peserta dapat mengidentifikasi faktor-faktor determinan (penghambat dan
pendukung) penggunaan permainan tradisional dalam pembelajaran pengembangan
motorik untuk anak usia dini, semua peserta mampu memodifikasi, mengemas, dan
mengembangkan permainan tradisional menjadi modern untuk anak usia dini yang
kreatif dan inovatif.
Kata Kunci: Permainan tradisional, motorik , revitalisasi