PEMBERDAYAAN GURU PAUD PPT SURAMADU MELALUI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN METODE IQRA DENGAN MODEL CBSA

Authors

  • Sri Utami Universitas Dr. Soetomo
  • Wahyu Widayati Universitas Dr. Soetomo

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v4i2.672

Keywords:

Membaca, Iqra, CBSA

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung di PPT Suramadu saat ini masih menggunakan metode konvensional, yaitu meningkatkan kemampuan membaca masih dengan bantuan buku latihan membaca dengan cara mengeja serta kegiatan belajarnya bersifat klasikal. Metode mengeja mengakibatkan anak mudah bosan serta mudah mengeluh. Mengajar membaca pada anak memang bukan persoalan mudah. Jika membaca diajarkan dengan cara “dipaksakan” justru dapat berakibat buruk pada perkembangan anak. Dengan mempertimbangkan permasalahan di PPT Suramadu, maka tim pengusul sepakat akan turun mengatasi permasalahan melalui program Pengabdian Masyarakat dengan memberdayakan guru dalam pembelajaran membaca permulaan metode suku kata dengan model CBSA. Pengabdian yang dilakukan ini telah sampai pada tahapan dilaksanakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan guru dalam mengajar membaca permulaan dengan metode suku kata model CBSA untuk siswa kelompok B dengan capaian luaran berupa Produk  Buku materi ajar pembelajaran membaca permulaan dengan metode suku kata dan Media pembelajaran membaca permulaan.

Downloads

Published

2021-12-13

How to Cite

Sri Utami, & Wahyu Widayati. (2021). PEMBERDAYAAN GURU PAUD PPT SURAMADU MELALUI PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN METODE IQRA DENGAN MODEL CBSA. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 54–62. https://doi.org/10.31597/ja.v4i2.672

Issue

Section

Table of Contents