PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SMA ISLAM PARLAUNGAN SIDOARJO

Authors

  • Ahmad Hatip Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Nuril Huda Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Boedi Martono Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Keywords:

pengembangan, perpustakaan

Abstract

Perpustakaan memiliki peran penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dalam sebuah lembaga pendidikan, keberadaan perpustakaan merupakan bukti konkret kepedulian sekolah untuk mewujudkan peserta didik yang mandiri dalam belajar melalui pemanfaatan perpustakaan.Perpustakaan juga bisa menjadi mercusuar untuk meningkatkan minat baca siswa yang pada akhirnya akan meningkatkan kemampuan literasi siswa. Namun kenyataannya, kondisi perpustakaan di SMA Islam Parlaungan sangat memperihatinkan. Ruangan yang tidak memadai, kotor, buku yang tidak tertata dengan rapi, belum ada pengklasifikasian, pengkodean, dan jumlah buku yang terbatas menjadi faktor-faktor yang menurunkan minat siswa untuk pergi dan membaca buku di perpustakaan. Melalui kegiatan pengabdian masysrakat dilakukan pengembangan perpustakaan dengan melakukan penataan kembali ruangan perpustakaan, pembersihan, pelabelan, pengkodean, pengklasifikasian, penambahan buku perpustakaan dan penataan ulang buku-buku ke rak yang ada. Sehingga hasil yang didapatkan adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dikembangkan dan sesudah dikembangkan oleh tim pengabdian masyarakat.

 

 

 

Downloads

Published

2020-06-15

How to Cite

Hatip, A., Huda, N. ., & Martono, B. . (2020). PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN SMA ISLAM PARLAUNGAN SIDOARJO. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–10. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/article/view/395

Issue

Section

Table of Contents