WORKSHOP PENGEMBANGAN KUALITAS PADA PENULISAN BUKU AJAR BER-ISBN BAGI GURU TINGKAT SD/SMP/SMA SEDERAJAT DAN UMUM SE-MADURA DI DESA PASESEH KECAMATAN TANJUNGBUMI

Authors

  • Sakrim Skarim Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP PGRI Bangkalan

Keywords:

Buku ajar, ISBN

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat bertema Workshop Pengembangan Kualitas Pada Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN Bagi Guru Tingkat SD/SMP/SMA Sederajat dan Umum Se-Madura di Desa Paseseh Kecamatan Tanjung Bumi dilaksanakan bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas guru dalam menulis buku pelajaran ber-ISBN atau sesuai standar nasional sebagai media pembelajaran di sekolah sebagai langkah pengembangan profesi guru. (2)  Dengan kegiatan ini semua pihak pendidikan akan mendapatkan informasi tentang pengembangan buku ajar yang pada gilirannya akan dapat mengembangkan buku ajar untuk membantu dirinya dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. (3) Menjadi motivasi untuk mengembangkan bahan ajar yang beragam dan menarik. Tahap pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bertema Workshop Pengembangan Kualitas Pada Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN Bagi Guru Tingkat SD/SMP/SMA Sederajat dan Umum Se-Madura di Desa Paseseh Kecamatan Tanjung Bumi  dilaksanakan sebagai berikut: (1) Workshop dimulai dengan memaparkan pentingnya Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN Bagi Guru Tingkat SD/SMP/SMA Sederajat dan Umum Se-Madura di Desa Paseseh Kecamatan Tanjung Bumi. (2) Peserta mempraktekkan pada Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN Bagi (3) Peserta Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN. Pendampingan Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN Bagi Guru Tingkat SD/SMP/SMA Sederajat dan Umum Se-Madura di Desa Paseseh Kecamatan Tanjung Bumi yaitu dengan metode sebagai berikut. (1) Kegiatan ini dilakukan di ruang rapat di MTs Saiful Ulum Tanjungbumi. (2) Pemateri memberikan tugas kepada peserta kemudian pemateri mendampingi peserta workshop Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN. Evaluasi kegiatan, evaluasi kegiatan tersebut  dilakukan  dengan cara (1)  seluruh para peserta Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN membuat kerangka penulisan buku mulai dari bab 1 sampai bab terakhir. (2) Setelah penulisan buku selesai maka seluruh peserta praktik cara mengedit buku dengan instruksi yang telah dijelaskan saat seminar berlangsung kemudian pemateri menilai dari hasil editor yang dilakaukan oleh peserta. (c) Pemateri melihat pra cetak buku yang dibuat oleh peserta workshop Penulisan Buku Ajar Ber- ISBN.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Skarim, S. (2018). WORKSHOP PENGEMBANGAN KUALITAS PADA PENULISAN BUKU AJAR BER-ISBN BAGI GURU TINGKAT SD/SMP/SMA SEDERAJAT DAN UMUM SE-MADURA DI DESA PASESEH KECAMATAN TANJUNGBUMI . JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 89–93. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/article/view/341

Issue

Section

Table of Contents