PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF SEBAGAI ACUAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SISWA
Keywords:
pengembangan instrumen, ranah afektifAbstract
Ranah afektif sangat penting dikaji karena mempengaruhi keberhasilan belajar seseorang. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu guru mengembangkan instrumen penilaian afektif sebagai cara yang sangat tepat untuk mengetahui beberapa kekhasan afektif. Hal khusus yang dimaksud lain sikap, minat, konsep diri, dan nilai. Tahapan dalam pelatihan ini adalah (1) Penjelasan pentingnya penilaian ranah afektif sebagai acuan layanan bimbingan pribadi siswa, (2) Peserta pelatihan mempraktikkan mengembangkan instrumen penilaian afektif lengkap mulai definisi operasional, indikator, dan pertanyaan kuesionernya, (3) Peserta pelatihan mempraktikkan mengukur tingkat realiabilitas instrumen yang telah dibuat. Simpulan yang didapat adalah pelatihan pengembangan instrumen penilaian afektif dapat diselenggarakan dengan baik. Pelatihan yang telah dirancang dapat terlaksana sesuai harapan. Keterbatasan waktu menjadi kendala dalam memfasilitasi peserta pelatihan hingga mahir dalam pembuatan instrumen penilaian afektif. Oleh karena itu evaluasi dan saran yang dapat diberikan adalah pelatihan sejenis dapat diselenggarakan secara berkelanjutan untuk mengasah kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen penilaian afektif.