PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF SEBAGAI ACUAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SISWA

Authors

  • Miranti Widi Andriani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan
  • Ellen Wanodya Ghati Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan

Keywords:

pengembangan instrumen, ranah afektif

Abstract

Ranah afektif sangat penting dikaji karena mempengaruhi keberhasilan belajar seseorang. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu guru mengembangkan instrumen penilaian afektif sebagai cara yang sangat tepat untuk mengetahui beberapa kekhasan afektif. Hal khusus yang dimaksud lain sikap, minat, konsep diri, dan nilai.  Tahapan  dalam pelatihan ini  adalah (1) Penjelasan pentingnya penilaian ranah afektif sebagai acuan layanan bimbingan pribadi siswa, (2) Peserta pelatihan mempraktikkan mengembangkan instrumen penilaian afektif lengkap mulai definisi operasional, indikator, dan pertanyaan kuesionernya, (3) Peserta pelatihan mempraktikkan mengukur tingkat realiabilitas instrumen yang telah dibuat. Simpulan yang didapat adalah pelatihan pengembangan instrumen penilaian afektif dapat diselenggarakan dengan baik. Pelatihan yang telah dirancang dapat terlaksana sesuai harapan. Keterbatasan waktu menjadi kendala dalam memfasilitasi peserta pelatihan hingga mahir dalam pembuatan instrumen penilaian afektif. Oleh karena itu evaluasi dan saran yang dapat diberikan adalah pelatihan sejenis dapat diselenggarakan secara berkelanjutan untuk mengasah kemampuan guru dalam mengembangkan instrumen penilaian afektif.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Andriani, M. W., & Ghati, E. W. . (2018). PELATIHAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF SEBAGAI ACUAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SISWA. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 68–76. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/article/view/340

Issue

Section

Table of Contents