PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI UPTD SDN MLAJAH 1 BANGKALAN

Authors

  • Zainal Arifin STKIP PGRI Bangkalan
  • Rendra Sakbana STKIP PGRI Bangkalan
  • Ihwan Firmansyah STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Pendidikan IPAS merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dan memiliki karakteristik pembelajaran yang berbasis teks atau informasi. Selama ini pembelajaran IPAS dilaksanakan dengan menggunakan ceramah dan penugasan sehingga membuat proses pembelajaran didominasi oleh guru dan membosankan bagi siswa. Kehadiran media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran dan membantu guru lebih mudah menyampaikan informasi pembelajaran dan memudahkan siswa memahami materi pelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah ular tangga yang berupa permainan berfungsi menunjukkan pembelajaran dengan sistem pembelajaran dengan cara bermain sehingga proses pembelajaran yang dilakukan menjadi menarik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam bentuk pelatihan penggunaan media ular tangga sebagai media pembelajaran IPAS bagi guru-guru sekolah dasar di SDN Mlajah 1 Bangkalan Kabupaten Bangkalan. Peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media ular tangga pada pembelajaran IPAS di sekolah sehingga dapat menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Arifin, Z., Sakbana, R., & Firmansyah, I. (2024). PENGGUNAAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI UPTD SDN MLAJAH 1 BANGKALAN. JA (Jurnal Abdiku) : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 41–49. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/JA/article/view/1212

Issue

Section

Table of Contents