PENGGUNAAN MEDIA BIANGLALA DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v6i2.1048Keywords:
Media Bianglala, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sekolah DasarAbstract
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar dan memiliki karakteristik pembelajaran yang berbasis teks atau informasi. Selama ini pembelajaran PPKn dilaksanakan dengan menggunakan ceramah dan penugasan sehingga membuat proses pembelajaran didominasi oleh guru dan membosankan bagi siswa. Kehadiran media pembelajaran dalam menyampaikan materi pelajaran dan membantu guru lebih mudah menyampaikan informasi pembelajaran dan memudahkan siswa memahami materi pelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah media bianglala yang berupa roda putar yang berfungsi menunjukkan wilayah di Indonesia yang perlu dikenali kekhasannya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam bentuk pelatihan penggunaan media bianglala sebagai media pembelajaran PPKn bagi guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan. Peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan media bianglala pada pembelajaran PPKn di sekolah sehingga dapat menyelenggarakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.