Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii MTS Al Fath Tolbuk Klampis Melalui Pendekatan Learning Community Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v7i1.963Keywords:
Hasil belajar, Learning CommunityAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dapat dilihat dari hasil ulangan harian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang pertama di kelas VII MTS Al Fath mencapai rata-rata 58 dan hanya 50 % siswa mencapai nilai 70 atau >70. Kondisi tersebut disebabkan oleh kenyataan sehari-hari yang menunjukkan bahwa siswa kelihatannya jenuh mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pembelajaran dalam kegiatan sehari -hari menggunakan model ceramah dan latihan-latihan soal saja dan tidak ada interaksi antar siswa yang memiliki kemampuan pandai, biasa, dan tidak bisa. Hal ini terbukti sebagian besar siswa mengeluh apabila diajak belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang bersiklus, Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (actuating), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian adalah siswa kelas VII MTS AL FATH dengan jumlah siswa di kelas ini adalah 27 orang yang terdiri dari 14 orang laki – laki dan 13 orang perempuan. Siswa kelas VII. sebagai subyek penelitian ini memiliki karakteristik yang heterogen. Pada proses siklus I pembelajaran IPS di Kelas VII MTS Al Fath Tolbuk terdapat peningkatan hasil belajar dari nilai rata – rata 64 menjadi 70 dan jumlah siswa yang tuntas dari 50% menjadi 75%.Pada proses siklus II pembelajaran IPS di Kelas VII MTS Al Fath Tolbuk terdapat peningkatan hasil belajar dari nilai rata – rata 70 menjadi 83 dan jumlah siswa yang tuntas dari 75% menjadi 90%.