Penilaian Kinerja Guru Melalui Kompetensi Pedagogik Dan Profesional (Studi Kasus Profesionalisme Guru IPS SMP Di Kota Madiun)
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v5i1.663Keywords:
Penilaian Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Kompetensi ProfesionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa Penilaian Kinerja Guru melalui kompetensi pedagogik dan profesional dapat meningkatkan profesionalisme guru IPS di SMP Madiun.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian deskriptif kualitatif ini data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar-gambar dan bukan angka. (Moleong, 2019). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi (Sugiyono, 2015).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian Kinerja Guru melalui kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional adalah sebagai berikut: (a) Kompetensi Pedagogik, dari 10 kompetensi inti, nilai kompetensi Pedagogik mendapatkan skor sangat baik. (b) Pada kompetensi profesional diperoleh nilai total 419,79 dengan rata-rata 83,96 dengan kriteria sangat baik.