Dampak Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru IPS Di SMP Kota Madiun

Authors

  • idha wahyuningsih Pascasarjana Universitas PGRI Madiun
  • Nurhadji Nugraha Universitas PGRI Madiun
  • H.M.Rifai Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31597/ecs.v5i1.620

Keywords:

Bantuan Operasional Sekolah, Profesionalisme, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak bantuan operasional sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru IPS di SMP Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan, mendeskripsikan sesuatu menurut apa adanya (Moleong, 2019). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif bersifat induktif dan kontinue. Analisis data kualitatif merupakan proses mencari dan menghimpun data secara sistematis yang diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan materi lainnya sehingga mudah dipahami sehingga dapat diinformasikan kepada orang lain (Bogdan dalam (Anggito & Setiawan, 2018)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana bantuan operasional sekolah dapat meningkatkan profesionalisme guru IPS di SMP Kota Madiun, melalui (1) menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan kriteria sangat baik; (2) mengembangkan bahan ajar, dengan kriteria baik; (3) mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan, dengan kriteria yang baik; dan (4) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dengan kriteria baik.

Downloads

Published

2021-05-27

How to Cite

idha wahyuningsih, Nurhadji Nugraha, & H.M.Rifai. (2021). Dampak Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru IPS Di SMP Kota Madiun. Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 5(1), 34–38. https://doi.org/10.31597/ecs.v5i1.620