Dampak Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Peningkatan Profesionalisme Guru IPS Di SMP Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v5i1.620Keywords:
Bantuan Operasional Sekolah, Profesionalisme, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak bantuan operasional sekolah terhadap peningkatan profesionalisme guru IPS di SMP Kota Madiun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan, mendeskripsikan sesuatu menurut apa adanya (Moleong, 2019). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif bersifat induktif dan kontinue. Analisis data kualitatif merupakan proses mencari dan menghimpun data secara sistematis yang diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan materi lainnya sehingga mudah dipahami sehingga dapat diinformasikan kepada orang lain (Bogdan dalam (Anggito & Setiawan, 2018)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana bantuan operasional sekolah dapat meningkatkan profesionalisme guru IPS di SMP Kota Madiun, melalui (1) menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran dengan kriteria sangat baik; (2) mengembangkan bahan ajar, dengan kriteria baik; (3) mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan, dengan kriteria yang baik; dan (4) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, dengan kriteria baik.