Strategi Pemasaran Tabungan Tarbiyah Dengan Akad Mudharabah (Studi Kasus Di BPRS SPM Cabang Bangkalan)
DOI:
https://doi.org/10.31597/ecs.v5i1.618Keywords:
Strategi Pemasaran, Tabungan Tarbiyah, Akad MudharabahAbstract
Tabungan Tarbiyah merupakan salah satu produk yang ditawarkan oleh BPRS SPM Cabang Bangkalan. Tabungan Tarbiyah adalah sebuah simpanan yang ditujukan kepada pihak sekolah maupun lembaga pendidikan baik yang bersifat formal ataupun informal. Tabungan Tarbiyah yang penarikannya hanya dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, jika pihak lembaga pendidikan atau sekolah tidak mengambil tabungan tersebut selama 6 bulan, maka pada bulan ke-7 pihak lembaga atau sekolah akan mendapatkan Beasiswa Tarbiyah. Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh PT. BPRS SPM Cabang Bangkalan dalam memasarkan produknya, salah satu produknya yaitu Tabungan Tarbiyah dengan akad mudharabah. Dapat diperhatikan dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran yang bermula dari strategi segmentasi pasar, strategi penentuan pasar sasaran, dan strategi posisi pasar. Selain itu, juga dengan mengembangkan bauran pemasaran yang terdiri dari 4 unsur, yaitu antara lain: produk, harga, tempat, dan promosi. Dalam melakukan pemasaran juga harus diperhatikan tentang attitude (penampilan), sikap sopan dan santun. Dan yang terakhir beelcrew (membina hubungan dengan nasabah) masuk, menawarkan, pembinaan, membangun relasi atau membina komunikasi dengan nasabah.