Konsep Literasi Keuangan Bagi Petani Di Desa Soket Laok Gundul Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan

Authors

  • Octaviana Arisinta STKIP PGRI Bangkalan
  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Kiptiyah STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.31597/ecs.v4i2.575

Keywords:

Literasi Keuangan, Petani, Desa

Abstract

Pemilihan Desa Soket Laok Gundul Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan sebagai lokasi penelitian dikarenakan masyarakat dan juga petani yang ada di Desa ini pengetahuan mengenai literasi keuangan sangat rendah dan ingin mengetahui bagaimana perkembangan pengetahuan keuangan masyarakat dan juga petani yang ada di Desa tersebut. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah kualitatif berbasis deskriptif yang berangkat dari fenomena yang terjadi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Dari data yang diperoleh kemudian diteliti dan hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif yaitu berupa penjelasan secara mendetail tentang hasil yang telah diperoleh oleh peneliti.Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa literasi keuangan di Desa Soket Laok Gundul Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan yaitu masih rendah, hal ini dibuktikan dengan tingkat kesadaran masyarakat untuk mempelajari produk keuangan dan jasa keuangan seperti investasi, asuransi, pinjaman bank atau menyimpan uang di bank masih kurang. Perencanaan keuangan pribadi masyarakat di Desa Soket Laok Gundul masih kurang dipahami.Sedangkan hasil temuan dari konsep literasi keuangan petani menjelaskan bahwa pengelolahan pendapatan masyarakat disana hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dan para petani yang memiliki penghasilan lebih, lebih suka menggunakan penghasilan tersebut untuk membeli hewan ternak dan menabung disekolah dari pada menabungkannya di Bank.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Octaviana Arisinta, Ika Lis Mariatun, & Kiptiyah. (2021). Konsep Literasi Keuangan Bagi Petani Di Desa Soket Laok Gundul Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 4(2), 110–120. https://doi.org/10.31597/ecs.v4i2.575