Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bangkalan

Authors

  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Octaviana Arisinta STKIP PGRI Bangkalan
  • Chyntia Yuniastuti Ali STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.31597/ecs.v4i2.570

Keywords:

Pendidikan Karakter, Prestasi Belajar, Pelajaran Ekonomi

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bangkalan. Populasi dalam penelitian ini yaitu 75 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 38 siswa yang diambil secara sistematis di setiap kelasnya. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa pendidikan karakter memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Pernyataan ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,720 lebih besar dari t tabel sebesar 2,028 dan nilai signfikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa yaitu dilihat dari nilai R2 sebesar 0,278 atau dengan kata lain pengaruh pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bangkalan sebesar 27,8%. Adapun model persamaan regresi linier sederhana dalam penelitian ini yaitu Y = 56,602 + 0,308X, artinya  setiap penambahan atau peningkatan 1% nilai pendidikan karakter, maka nilai prestasi belajar bertambah sebesar 0,308. Koefisien regresi bernilai positif berarti dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Ika Lis Mariatun, Octaviana Arisinta, & Chyntia Yuniastuti Ali. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Bangkalan. Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 4(2), 76–83. https://doi.org/10.31597/ecs.v4i2.570