Analisis Model Pembelian Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kabupaten Bangkalan

Authors

  • Aulia Dawam STKIP PGRI Bangkalan
  • Muhlisin Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31597/ecs.v4i2.569

Keywords:

Model Pembelian Online, Tingkat Keamanan, Preferensi, Pengalaman, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dari pengaruh model pembelian online yang terdiri dari tingkat keamanan, preferensi dan pengalaman terhadap kepuasan pelanggan pada membeli produk di e-commerce yang terlihat dari berkembangnya kecanggihan teknologi mengubah perilaku mereka dalam membeli barang. Responden dalam penelitian adalah keseluruhan konsumen yang telah melakukan pembelian online di e-commerce dengan sampel sebanyak 56 orang yang telah dilakukan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan teknik Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi Smart PLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan tingkat keamanan terhadap kepuasan pelanggan, preferensi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun pada pengalaman memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini untuk lebih cenderung meningkatkan kepuasan pelanggan melalui keamanan, preferensi dan pengalaman.

Downloads

Published

2021-01-15

How to Cite

Dawam, A., & Muhlisin. (2021). Analisis Model Pembelian Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Kabupaten Bangkalan . Eco-Socio: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Ekonomi, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.31597/ecs.v4i2.569