Kendala dan Upaya Dalam Aktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Living Values Education di Sekolah Menengah Atas

Authors

  • rizal fahmi universitas islam syekh yusuf
  • Tubagus Saputra Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31597/ccj.v5i1.555

Keywords:

Citizenship Education

Abstract

Ikhtiar dalam menyajikan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang menyenangkan dan bermakna tidak dapat terlepas daripada faktor-faktor kendala yang muncul kemudian dan usaha yang dilakukan setelahnya guna mengatasi kendala tersebut. Begitu pula dalam implementasi pendidikan kewarganegaraan berbasis living values education di sekolah menengah atas, oleh karena itu, apa saja kendala dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Bandung dalam menerapkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis living values education menjadi suatu hal yang menarik untuk dikaji. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus untuk memperoleh jawaban yang mendalam mengenai permasalahan di atas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa penilaian pembelajaran, materi pembelajaran, kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis, regulasi pendidikan, dan entry behavior peserta didik merupakan kendala yang muncul kemudian dan pengembangan kompetensi serta profesionalisme guru dan pembiasaan kepada peserta didik  peserta didik menjadi upaya yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Bandung dalam menerapkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis living values education.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-17

How to Cite

fahmi, rizal, & Saputra, T. . (2021). Kendala dan Upaya Dalam Aktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Living Values Education di Sekolah Menengah Atas. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 5(1), 421–435. https://doi.org/10.31597/ccj.v5i1.555

Issue

Section

Articles