Kendala dan Upaya Dalam Aktualisasi Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Living Values Education di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31597/ccj.v5i1.555Keywords:
Citizenship EducationAbstract
Ikhtiar dalam menyajikan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang menyenangkan dan bermakna tidak dapat terlepas daripada faktor-faktor kendala yang muncul kemudian dan usaha yang dilakukan setelahnya guna mengatasi kendala tersebut. Begitu pula dalam implementasi pendidikan kewarganegaraan berbasis living values education di sekolah menengah atas, oleh karena itu, apa saja kendala dan bagaimana upaya yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Bandung dalam menerapkan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis living values education menjadi suatu hal yang menarik untuk dikaji. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus untuk memperoleh jawaban yang mendalam mengenai permasalahan di atas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bahwa penilaian pembelajaran, materi pembelajaran, kemampuan berkomunikasi dan berpikir kritis, regulasi pendidikan, dan entry behavior peserta didik merupakan kendala yang muncul kemudian dan pengembangan kompetensi serta profesionalisme guru dan pembiasaan kepada peserta didik peserta didik menjadi upaya yang dilakukan oleh SMA Negeri 3 Bandung dalam menerapkan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis living values education.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author is the Copyright Holder