Pilihan Merk Kosmetik dan Kebangsaan
Studi mengenai minat beli Kosmetik dan Identitas Sosial pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.320Keywords:
Identitas Sosial, Minat Beli, Kebangsaan, KosmetikAbstract
Abstrak
Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budayanya, keanekaragaman budaya ini sekaligus menjadi aset penting bagi bangsa Indonesia, namun di era globalisasi saat ini banyak kebudayaan luar negeri yang masuk kedalam Indonesia, masuknya budaya luar saat ini bisa saja menjadi pengaruh buruk bagi generasi muda Indonesia padahal generasi muda merupakan harapan dalam membangun bangsa ini dimasa depan. Menghargai dan mencintai produk dalam negeri merupakan salah satu wujud nyata dari rasa cinta tanah air yang dimiliki oleh seseorang kepada bangsa dan negaranya. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap adakah hubungan identitas sosial dengan minat beli produk dalam negeri ? Sampel yang dilibatkan adalah sejumlah 146 mahasiswa yang sudah dibekali wawasan kebangsaan. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa skala yaitu skala Identitas Sosial berdasar teori dari Tajfel (dalam Andriyani 2019) serta minat beli berdasar teori dari Kotler (2008). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment. Diperoleh nilai r = 0,282 dengan sig. (p) = 0,001 (p < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut Hal ini berarti semakin tinggi identitas sosialnya maka semakin tinggi minat beli kosmetik produk dalam negeri, demikian sebaliknya semakin rendah identitas sosialnya maka semakin rendah minat beli kosmetik produk dalam negeri.
Kata Kunci: Identitas Sosial, Minat Beli, Kebangsaan, Kosmetik
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author is the Copyright Holder