Filsafat Progresivisme dan Implikasinya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai General Education di Indonesia

Authors

  • Bakti Fatwa Anbiya Universitas Islam Negeri Walisongo

DOI:

https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.195

Abstract

Sebagai aliran filsafat modern, aliran progresivisme mehendaki adanaya perubahan yang radikal dengan menekankan kompetensi peserta didik melalu pengalaman belajar, kemampuan menglola diri serta perubahan secara pribadi yang memberi dampak apresiasi dan kreatifitas peserta didik. Dalam pembejaran Pendidikan Kewarganegraan  di perguruan tinggi sebagai  General Education memiliki peran yang sangat determinan, hal tersebut berkoherensi dengan pengembangan kompetensi warganegara. Pengembangan yang dimaksud adalah Civic Knowladge (Pengetahuan Kewarganegraan), Civic Skill ( Kecakapan Kewarganegraan), dan Civic Disposition (Watak Warganegara) yang dikembangkan sehingga menjadi warga negara unggul dalam rangka mencapi tujuan Pendidikan

Kata Kunci :Filsafat Progresifisme, Pendidikan Kewarganegraan, Generan Education

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Fatwa Anbiya, B. (2020). Filsafat Progresivisme dan Implikasinya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai General Education di Indonesia. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 301–3`11. https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.195

Issue

Section

Articles