Filsafat Progresivisme dan Implikasinya terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai General Education di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31597/cc.v4i1.195Abstract
Sebagai aliran filsafat modern, aliran progresivisme mehendaki adanaya perubahan yang radikal dengan menekankan kompetensi peserta didik melalu pengalaman belajar, kemampuan menglola diri serta perubahan secara pribadi yang memberi dampak apresiasi dan kreatifitas peserta didik. Dalam pembejaran Pendidikan Kewarganegraan di perguruan tinggi sebagai General Education memiliki peran yang sangat determinan, hal tersebut berkoherensi dengan pengembangan kompetensi warganegara. Pengembangan yang dimaksud adalah Civic Knowladge (Pengetahuan Kewarganegraan), Civic Skill ( Kecakapan Kewarganegraan), dan Civic Disposition (Watak Warganegara) yang dikembangkan sehingga menjadi warga negara unggul dalam rangka mencapi tujuan Pendidikan
Kata Kunci :Filsafat Progresifisme, Pendidikan Kewarganegraan, Generan Education
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Author is the Copyright Holder