Penerapan Nilai-Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
DOI:
https://doi.org/10.31597/ccj.v8i2.1024Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab peserta didik di dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini difokuskan pada peserta didik kelas XII di SMAN 10 Tangerang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan secara detail bagaiamana kondisi penerapan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab pada mata Pelajaran PPKn. Penerapan nilai disiplin dan tanggung jawab peserta didik sudah cukup baik terlaksana dalam mata pelajaran PPKn. Hal tersebut terbukti melalui berbagai pembiasaan yang ada dalam pembelajaran PPKn, mulai dari pembiasaan hadir tepat waktu, mengerjakan dan mengumpulkan tugas sesuai ketentuan, serta bertanggung jawab untuk menjalankan kewajiban sebagai peserta didik. Kedisiplinan dan tanggung jawab yang tercermin dalam proses pembelajaran PPKn pun didukung dengan adanya kontrak belajar yang menjadi stimulus bagi peserta didik untuk berlaku disiplin dan bertanggung jawab. Selain di dalam proses pembelajaran, pembiasaan disiplin dan tanggung jawab peserta didik pun terlaksana secara menyeluruh di SMAN 10 Tangerang, hal tersebut juga sejalan dengan tata tertib sekolah yang sudah terlaksana dengan optimal.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Berliana Dian Permatasari, Damanhuri, Ria Yuni Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author is the Copyright Holder