Penerapan Nilai-Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Authors

  • Berliana Dian Permatasari berliana22.bs@gmail.com
  • Damanhuri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ria Yuni Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31597/ccj.v8i2.1024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab peserta didik di dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini difokuskan pada peserta didik kelas XII di SMAN 10 Tangerang dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan secara detail bagaiamana kondisi penerapan nilai-nilai disiplin dan tanggung jawab pada mata Pelajaran PPKn. Penerapan nilai disiplin dan tanggung jawab peserta didik sudah cukup baik terlaksana dalam mata pelajaran PPKn. Hal tersebut terbukti melalui berbagai pembiasaan yang ada dalam pembelajaran PPKn, mulai dari pembiasaan hadir tepat waktu, mengerjakan dan mengumpulkan tugas sesuai ketentuan, serta bertanggung jawab untuk menjalankan kewajiban sebagai peserta didik. Kedisiplinan dan tanggung jawab yang tercermin dalam proses pembelajaran PPKn pun didukung dengan adanya kontrak belajar yang menjadi stimulus bagi peserta didik untuk berlaku disiplin dan bertanggung jawab. Selain di dalam proses pembelajaran, pembiasaan disiplin dan tanggung jawab peserta didik pun terlaksana secara menyeluruh di SMAN 10 Tangerang, hal tersebut juga sejalan dengan tata tertib sekolah yang sudah terlaksana dengan optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-23 — Updated on 2024-12-23

How to Cite

Berliana Dian Permatasari, Damanhuri, & Ria Yuni Lestari. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Civic-Culture : Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 8(2), 292–305. https://doi.org/10.31597/ccj.v8i2.1024

Issue

Section

Articles