Desain Pengembangan Lks Berbasis Karakteristik Komunikasi Matematis Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v8i1.699Keywords:
LKS, Komunikasi Matematis, TPS, ADDIEAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat komunikasi matematis siswa di SMA Islam Parlaungan Sidoarjo yang disebabkan oleh tingkat pemahaman siswa yang kurang terhadaap bahasa matematika(yang berupa simbol) yang ada di perangkat pembelajaran yang sering digunakan, memahami konsep dan guru yang kurang berhasil dalam menyampaikan konsep materi pelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) Research and Development, desain pengembangan LKS matematika berbasis karakter komunikasi matematis dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada materi baris dan deret kelas XI SMA Islam Parlaungan Sidoarjo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan LKS berbasis karakter komuniksai matematis dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), 2) Mengetahui kelayakan desain LKS menurut validator ahli materi dan media terhadap desain LKS yang dikembangkan, 3) Mengetahui respon kemenarikan desain LKS menurut para guru dan siswa terhadap desain LKS yang dikembangkan. dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun dikarenakan kondisi yang tidak kunjung membaik dan keterbatasan waktu penelitian, maka penelitian pengembangan ini hanya sampai pada tahap Development. Subjek penelitian ini 20 guru Matematka SMA/MA (GERBANGKERTASUSILA) Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan, dan 29 siswa siswi kelas XI SMA Islam Parlaungan Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket untuk validasi ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil desain pengembangan LKS berbasis karakter komuniksai matematis dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), 2) Hasil menunjukkan bahwa LKS berbasis karakter komuniksai matematis dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share ini memperoleh presentase kelayakan dari ahli media sebesar 74,29 % hal ini termasuk dalam kategori “ Layak ”..Sedangkan untuk ahli materi memperoleh presentase kelayakan sebesar 81,54 % dan masuk dalam kategori “ Sangat Layak ”, 3) Hasil respon guru terhadap desain LKS berbasis karakter komuniksai matematis dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share yang telah dikembangkan memperoleh presentase kelayakan sebesar 82,38% hal ini termasuk dalam kategori “ Sangat Menarik ”. Sedangkan hasil respon dari siswa memperoleh presentase kelayakan sebesar 84,49% dan masuk dalam kategori “ Sangat Menarik ”.