Penalaran Siswa Smp Terhadap Soal Geometri Tipe Hots Ditinjau Dari Kemampuan Matematika

Penalaran Siswa Smp Terhadap Soal Geometri Tipe Hots Ditinjau Dari Kemampuan Matematika

Authors

  • Kartika Purwaningtyas Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

penalaran, gemetri, HOTS, kemampuan matematika

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui penalaran siswa terhadap soal geometri tipe HOTS. Subjek yang dipilih dalam penelitian merupakan 3 siswa kelas VIII A SMP Labschool UNESA Surabaya dengan rincian 1 orang siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 orang siswa berkemampuan matematika sedang, dan 1 orang siswa berkemampuan matematika rendah. Instrumen peneitian terdiri atas : tes kemampuan matematika, tes soal geometri tipe HOTS dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan indikator penalaran english. Berdasarkan analisis data tes dan wawancara diperoleh : 1) Siswa dengan kemampuan matematika tinggi sudah memenuhi indikator penalaran dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS,2) Siswa dengan kemampuan matematika sedang belum memenuhi indikator penalaran menurut English dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS terutama dalam tahap menarik kesimpulan. 3) Siswa dengan kemampuan matematika rendah belum memenuhi indikator penalaran dalam mengerjakan soal geometri tipe HOTS terutama dalam tahap manganalisis data dan menarik kesimpulan

Published

2019-07-26

How to Cite

Purwaningtyas, K. (2019). Penalaran Siswa Smp Terhadap Soal Geometri Tipe Hots Ditinjau Dari Kemampuan Matematika: Penalaran Siswa Smp Terhadap Soal Geometri Tipe Hots Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 95–102. Retrieved from https://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/260