Penerapan PMRI Berbantuan Media Kantong Bilangan Perkalian & Pembagian Bilangan Cacah Kelas 3 Di Sekolah Dasar

Authors

  • Chika Ameta Sari Universitas Muria Kudus
  • Mela Marshelyna Universitas Muria Kudus
  • Eka Zuliana Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31597/ja.v11i1.1208

Keywords:

Bilangan cacah, Perkalian dan Pembagian, PMRI.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan PMRI Berbantuan Media Kantong Bilangan Perkalian & Pembagian Bilangan Cacah Kelas 3 di Sekolah Dasar. Pendekatan PMRI diterapkan kepada peserta didik untuk membantu memahami konsep matematika dengan menghubungkan objek nyata dengan materi pelajaran. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) memudahkan pemahaman peserta didik kelas 3 SD terhadap konsep perkalian dan pembagian bilangan cacah. Oleh karena itu, pendekatan PMRI dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam materi perkalian dan pembagian bilangan cacah.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Ameta Sari, C., Marshelyna, M., & Zuliana, E. (2025). Penerapan PMRI Berbantuan Media Kantong Bilangan Perkalian & Pembagian Bilangan Cacah Kelas 3 Di Sekolah Dasar. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 41–49. https://doi.org/10.31597/ja.v11i1.1208