Penerapan PMRI Berbantuan Media Kantong Bilangan Perkalian & Pembagian Bilangan Cacah Kelas 3 Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31597/ja.v11i1.1208Keywords:
Bilangan cacah, Perkalian dan Pembagian, PMRI.Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan PMRI Berbantuan Media Kantong Bilangan Perkalian & Pembagian Bilangan Cacah Kelas 3 di Sekolah Dasar. Pendekatan PMRI diterapkan kepada peserta didik untuk membantu memahami konsep matematika dengan menghubungkan objek nyata dengan materi pelajaran. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media kantong bilangan dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) memudahkan pemahaman peserta didik kelas 3 SD terhadap konsep perkalian dan pembagian bilangan cacah. Oleh karena itu, pendekatan PMRI dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam materi perkalian dan pembagian bilangan cacah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Chika Ameta Sari, Mela Marshelyna, Eka Zuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.